Belajar Photoshop CS4

KATEGORI TUTORIAL PHOTOSHOP: PHOTOSHOP ALTERNATIF
Tutorial belajar Photoshop kategori Alternatif yaitu kategori bebas desain berkreasi dan berimajinasi dengan Photoshop

PHOTOSHOP ALTERNATIF | PAGES | 1 | | 2 | | 3 |

Membuat Animasi (Gambar Gerak) Dengan Photoshop CS4
Publish: 19 Jan 2010 | Author & Copyright: Ervyn | Status: FREE tutorial

Di Versi-versi Photoshop sebelumnya memang disertakan Adobe Image Ready, nah disitulah kita bisa buat Animasi Gif, tapi di Photoshop Khususnya CS4 Image Ready sudah dimasukkan langsung ke Photoshopnya itu sendiri. Selain untuk membuat Animasi, CS4 disertai dengan tools yang mirip dengan Adobe After Effect(AE) / Video Editing tapi tidak sesempurna AE. Sedikit Reiew buat yang belum tau :D

Baiklah mari kita mulai tutorial ini.

Langkah-langkahnya :

1. Buka Photoshop dan buat New document, disarankan untuk tidak terlalu besar baik ukuran dan pixelnya

2. Klik Window >> Animation, dibawah akan ada menu seperti gambar dibawah ini
photoshop animasi

3. Setelah itu kita buat gambarnya terlebih dahulu, saya ingatkan disini akan banyak sekali layer jadi mohon untuk bersabar dalam mengikuti tutorial ini, ini sudah saya buat sesimpel mungkin imagenya… :D

Pertama-tama Kita buat tulisan Dulu seperti dibawah ini sebagai contoh
photoshop animasi
Perhatikan Layernya: Ilmu sendiri, Grafis juga sendiri.

4. Setelah itu, kita buat beberapa background warna, Klik Layer Background, lalu buat new layer (Ctrl+Shit+N) lalu isi dengan Fill tool warna sesuka hati
photoshop animasi

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan layer disini. Setelah itu klik Lasso kemudian seleksi sesuka hati seperti yang saya lakukan di layer 1 (layer berwarna biru disini)
photoshop animasi

Kemudian Klik kanan dibagian terseleksi lalu pilih Feather… lalu isikan Feather Radiusnya menjadi 60, kemudian tekan Ctrl + Shift + I lalu tekan Delete kemudian tekan Ctrl + D maka akan jadi seperti gambar dibawah ini
photoshop animasi
Masih saya ingatkan, jangan lupa perhatikan layernya… hahahaha

5. Setelah itu buat lagi layer baru seperti cara diatas… lakukan pewarnaan sesuka hati asal berbeda dengan layer pertama(biru), kemudian lakukan lagi langkah nomor 4 tapi beda tempat, misalkan seperti gambar dibawah ini
photoshop animasi
Caranya sama seperti langkah nomor 4 hanya beda tempat dan warna, saya tidak mau tutorial ini terlalu panjang yang sepertinya akan membosankan… hahahahaha….

6. Setelah itu lakukan langkah ini, Layer 1(biru) jadikan opacitynya menjadi 0% , layer 2(Hijau) menjadi 0% , dan Layer 3(ungu) Menjadi 0%, Layer bertuliskan “GRAFIS” geser kebawah sampai tidak terlihat seperti pada gambar dibawah ini
photoshop animasi
Jangan lupa untuk selalu menekan Shift saat memindahkan Layer-layer tersebut, lalu geser ke atas layer yang bertuliskan “ILMU” maka akan terlihat blank document yang kita buat.

7. Saatnya kita mulai menganimasikan document ini :D kita beralih ke box animation yang sudah kita aktifkan pada langkah pertama diatas tadi… dan jangan lupa masih perhatikan layernya disini :D Pertama-tama mari kita panjatkan puja dan puji syukur kehadiratnya… wkwkwk canda gan… pertama-tama klik menu Duplicate Selected Frame
photoshop animasi
Maka akan ada duplikasi dari Frame pertama yang blank ini seperti dibawah ini
photoshop animasi

Kemudian geser kebawah Layer yang bertuliskan “ILMU” ketempat semula(Awal) dikira-kira saja,
photoshop animasi
Lalu klik Tweens animation frame
photoshop animasi
Kemudian akan muncul Windows seperti dibawah ini
photoshop animasi
Isi Frames to Add dengan jumlah frame yang akan dibuat, semakin banyak frame akan semakin lembut gerak dari animasi kita tapi juga semakin besar sizenya nanti, saya pake 5 Frame disini, lalu klik OK, maka akan jadi seperti gambar dibawah ini
photoshop animasi
Kalu klik yang saya tandai merah itu maka tulisan akan berjalan.

8. Lakukan langkah 7 pada Layer “GRAFIS” hanya saja geser keatas jangan kebawah lagi… hahaha…. Jangan lupa untuk klik “Duplicate Selected Frame” dulu sebelum menggeser Layer terpilih dan melakukan “Tweens animation frame” kalau sudah akan menjadi seperti ini
photoshop animasi
Ok juragan… masuk ke perubahan yang lain seperti baja hitam RX menjadi ROBO… wkwkwk….

9. Klik  Duplicate Selected Frame lagi lalu klik layer 1(biru) kemudian Opacitynya naikan kembali menjadi 100%
photoshop animasi
Lalu Klik lagi deh “Tweens animation frame”

10. Lakukan langkah nomor 9 pada Layer 2(Hijau) dan Layer 3(Ungu)

11. sudah jadi gan, coba dulu di Klik Play, kalau sudah puas, kita tinggal Save document ini gan, cara Savenya pun berbeda, mari kita mulai lagi… wkwkwk bahasa saya ancur…
Klik File >> Save for Web & Devices…(Alt + Cntrl +Shift + S) maka akan muncul Windows seperti dibawah ini (BW Killer gan… haha…)
photoshop animasi
Zoom:
photoshop animasi
Perhatikan yang saya tandai merah diatas, Looping Optionsnya Poreper gan… haha… Kalau sudah tinggal klik Save, pilih direktorinya lalu View aja gan, kl masih blm bergerak mungkin salah ekstensi diatas yang saya tandai merah, pokoknya harus GIF.

Kalau terlalu cepat, mungkin Delaynya bisa ditambah, delay ada dibawah Frame dalam box Animation, disana akan ada pilihan 0Sec, 0.2 Sec. , 0,5 Sec. Sdan seterusnya….

12. Selesai gan…
hasilnya kira2 seperti ini:
photoshop animasi
Note:
Bagi yang masih menggunakan CS kebawah mungkin masih disertakan Adobe Image Ready, Image ready bisa mengaplikasikan tutorial ini, namun kendalanya kita harus mentransform image dari Photshop ke Image Ready dengan bersamaan, jika Photoshop di Close maka Image yang ada dalam Image ready akan hilang seketika, lebih mudah menggunakan Image Ready memang tapi di CS4 Image Ready tidak di ikut sertakan menjadi aplikasi berbeda tapi sudah disatukan dengan Photoshop CS4 itu sendiri.
Demikian gan… semoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Agustus 2014
S S R K J S M
« Des    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: